Petunjuk Penulis

Jumlah kata dalam artikel tergantung jenis bagian jurnal :

1. Review artikel (Minimal 4000), jumlah referensi minimal 50 (80% literatur primer dan diterbitkan 10 tahun terakhir)
2. Artikel penelitian termasuk Laporan kasus, komentar, dan komunikasi penelitian singkat (2000-3000), jumlah referensi minimal 30 (80% literatur primer dan diterbitkan 10 tahun terakhir)

Berikut keterangan tiap bagian yang harus diikuti:

1. Judul: bagian ini harus berisi judul naskah dengan maksimum 12 kata, nama penulis ‘dengan judul akademik, nama, email, dan afiliasi penulis.
2. Abstrak: abstrak harus ditulis dalam Bahasa Indonesia hingga 250 kata. Abstrak harus memberikan ringkasan singkat dari tulisan ilmiah, termasuk pengenalan, metode, hasil, diskusi, dan kesimpulan. Abstrak harus disertai dengan 3-6 kata kunci.
3. Pendahuluan/latar belakang: bagian ini harus menyediakan informasi latar belakang yang relevan dengan artikelnya.
4. Laporan kasus: (Untuk laporan kasus dan komunikasi penelitian singkat): bagian ini menjelaskan kondisi pasien, ukuran hasil, protokol penilaian, dan pengobatan. Metode dan hasil harus melaporkan hasil dari manajemen yang diukur dengan ukuran hasil primer dan data lainnya. Ini harus ringkas dan tidak mengandung kesimpulan dari penulis. Kesimpulan harus disimpan untuk bagian diskusi.
5. Metodologi:  Metode harus dijelaskan secara cukup rinci untuk memungkinkan orang lain untuk mereproduksi hasil. Kriteria inklusi dan eksklusi untuk seleksi peserta dan metode statistik harus dinyatakan dengan jelas. Termasuk untuk review artikel diperlukan kejelasan metode pencarian literatur, lengkap dengan jumlah artikel dan tahun.
6. Hasil: (Untuk laporan kasus dan komunikasi penelitian singkat)Hasilnya disajikan dalam format yang mudah dipahami dalam bentuk angka 2D dan tabel. Tabel harus dibuat secara berurutan dalam lampiran terpisah. Judul tabel harus dinyatakan secara singkat dan catatan kaki jelas ditempatkan pada tabel.
7. Diskusi: Diskusikan gagasan dalam kaitannya dengan penelitian atau publikasi ilmiah lain yang relevan. Diskusi difokuskan pada gagasan utama. Untuk laporan kasus, diskusi harus membandingkan kasus dengan literatur yang diterbitkan. Mengevaluasi kasus dan manajemen pemikiran pasien, dan alasan untuk memilih salah satu prosedur juga dapat diberikan dengan jelas. Penulis harus mencantumkan keterbatasan dan manajemen saran berdasarkan referensi.
8. Kesimpulan: kesimpulan terkait dengan isi utama di artikel.
9. Ucapan Terima Kasih:jika diperlukan terkait badan atau perseorangan yang membantu proses penelitian.
10. Referensi/daftar pustaka : Gunakan aplikasi referensi manajer seperti Mendeley. Referensi tertulis sesuai dengan aturan penulisan Vancouver dan nomor dengan penampilan artikel tidak dalam urutan abjad. Nama maksimum penulis adalah 6 orang, jika lebih maka 6 nama pertama ditulis dan kemudian et al. Sebanyak 80% referensi yang digunakan diterbitkan 10 tahun terakhir. Sebanyak 80% referensi yang digunakan adalah literatur primer. Harap dicatat contoh penulisan referensi sebagai berikut:

  1. Artikel
    Guastaldi R, Reis A, Figueras A, Secoli S. Prevalence of potential drug-drug interactions in bone marrow transplant patients. Int J Clin Pharm. 2011;33(6):1002-9.
    Articles more than 6 authors:
    Lorgelly PK, Atkinson M, Lakhanpaul M, Smyth AR, Vyas H, Weston V, et al. Oral versus i.v. antibiotics for community-acquired pneumonia in children: a cost minimisation analysis. Eur Respir J. 2010;35(4):858-64.
  2. Buku
    DiPiro J, Talbert R, Yee G, Matzke G, Wells B, Posey L. Pharmacotherapy: a pathophysiologic approach Edisi ke-7. New York: The McGraw-Hill Companies Inc; 2008.
  3. Desertasi
    Mahyuzar. Dinamika komunikasi antarbudaya pasca tsunami: studi dramaturgis dalam kegiatan kemasyarakatan antar warga korban tsunami dan interaksi dengan orang asing di Banda Aceh (disertasi). Bandung: Universitas Padjadjaran; 2010.
  4. Proceeding
    Abdulah R. Interactions of sulforaphane and selenium in inhibiting human breast and prostate cancer cell lines proliferation. Proceedings of International Seminar and Expo on Jamu; 2010 November 5; Bandung, Indonesia. Indonesia: Universitas Padjadjaran; 2010.
  5. Online
    Cashin RP, Yang M. Medications prescribed and occurrence of falls in general medicine inpatients [diunduh 12 Desember 2011]. Tersedia dari: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3203823/.

PETUNJUK UNTUK PENULIS

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal/majalah lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, Microsoft Power Point, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami. Ikuti template berikut ini :